Harus Lihat : Berikut Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 13 Mei | PEJUANG PATRIOT

Harus Lihat : Berikut Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 13 Mei

Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 13 Mei. Demi mengenangnya, merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 13 Mei.

1939Pemimpin Italia Benito Mussolini bertemu dengan Pemimpin Adolf Hitler untuk membicarakan rencana kunjungan mereka di kawasan perbatasan Prancis. Mussolini berencana akan menyerukan pidato anti-Prancis demi merebut hati rakyat Prancis yang ada di perbatasan.
1940Penaklukan Jerman terhadap Perancis dimulai saat tentara Jerman melintasi Sungai Meuse di Prancis. Peristiwa itu membuat pihak Sekutu jengkel hingga Perdana Menteri Inggris Winston Churchill melontarkan pernyataan akan menyerahkan seluruh jiwa dan raganya demi memenangkan pihak Sekutu dalam Perang Dunia II.
1950 Ratu Wilhelmina dari Belanda tiba di Inggris dengan selamat demi mengamankan dirinya selama Perang Dunia II. Ia mengungsi ke Inggris setelah pasukan Jerman menginvasi dan melakukan serangan besar-besaran ke Belanda.
Ajang balap mobil Formula Satu untuk kali pertama digelar di sirkuit Silverstone, Inggris. Ajang Formula Satu pertama itu berhasil dimenangi Giuseppe Farina asal Italia yang mengemudikan mobil Alfa Romeo.
1967Zakir Husain dinobatkan menjadi presiden ke-3 India. Ia adalah orang Islam pertama yang memimpin India. Husain menjadi presiden India hingga akhir hayatnya pada 1969.
1981Kerusuhan rasial antara etnis Tionghoa dan orang Melayu meletus di Kuala Lumpur, Malaysia. Tragedi yang lantas dikenang dengan sebutan Insiden 13 Mei itu menewaskan sedikitnya 184 orang.
Paus Yohanes Paulus II ditembak oleh seorang berkebangsaan Turki, Mehmet Ali Agca, di Lapangan Santo Petrus, Vatikan. Beruntung penembakan itu tak sampai membunuh sang paus. Tak jelas motif di balik penembakan yang ditujukan kepada Paus Yohanes Paulus II itu. Meski demikian, Mehmet pernah melontarkan pernyataan bahwa paus adalah simbol dari kapitalisme. Mehmet lantas menjalani hukuman kurungan penjara selama 19 tahun di Italia dan 10 tahun di Turki.
1988Pasukan Irak mengebom dua kapal tanker milik Iran di perairan sebelah selatan Iran. Dua kapal yang dihancurkan pasukan Irak tersebut adalah kapal tanker terbesar di dunia pada saat itu. Peristiwa tersebut adalah buntut dari konflik berkepanjangan antara Irak dan Iran.
1991Francis Coquelin lahir di Laval, Prancis. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, yakni Arsenal. Ia bergabung ke Arsenal sejak usia usia 17 tahun pada 2008 silam.
2000Sebuah gudang penyimpanan kembang api di Enschede, Belanda terbakar. Lebih dari 170 ton kembang api meledak menewaskan lebih dari 20 orang dan melukai kurang lebih 1.000 orang. Tragedi tersebut juga menyebabkan 1.400 rumah terbakar dan mengalami kerusakan parah.

0 Response to "Harus Lihat : Berikut Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 13 Mei"

Posting Komentar